Jul 24, 2012

Makanan yang Dihindari Saat Sahur

Makanan yang dihindari ketika sahur. Makanan yang tidak boleh dimakan / konsumsi saat sahur.

Bulan Ramadan, seluruh umat Muslim di dunia wajib berpuasa. Sebelum berpuasa, ada saat penting yang tak boleh dilewatkan atau disepelekan yakni sahur. Sahur penting dilakukan demi menjaga stamina tubuh selama berpuasa selama satu hari penuh hingga saatnya buka puasa.

Namun begitu, jangan asal makan apa saja saat sahur. Karena nantinya justru menyulitkan sistem pencernaan kamu sehingga membuat puasa menjadi lebih berat.

Baiknya demi tetap sehat selama menjalani puasa Ramadan, tubuh harus mendapatkan jumlah normal makanan dari kelompok makanan utama, seperti karbohidrat (nasi merah, roti gandum, ubi, kentang), produk susu, ikan, daging dan unggas, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

Hal tersebut harus dilakukan karena panjangnya waktu puasa. Sehingga, kamu diharuskan mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat kompleks saat sahur. Dengan tujuan, proses pencernaan makanan berlangsung lebih lama (sekitar 8 jam) dan membuat kita tidak terlalu lapar di siang hari.
"Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan yang mengandung biji-bijian dan seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, lentil dan tepung gandum," jelas dokter penyakit dalam di Canadian Specialist Hospital, Dr Liza Thomas, dilansir KhaleejTimes baru-baru ini.
Jika demikian, sudah pasti ada jenis makanan yang harus dihindari saat sahur di antaranya:
  1. Makanan berlemak dan gorengan
  2. Makanan pedas dan kalengan
  3. Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat olahan
  4. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda dan lainnya

"Makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula seperti permen dapat menyebabkan masalah kesehatan dan harus dibatasi selama bulan Ramadan. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, dan masalah berat badan. Sedangkan minuman kafein harus dihindari terutama saat sahur," tambah Dr Liza.

Selain banyak makan makanan sehat, yang tak kalah penting dan harus dilakukan adalah minum banyak air dan serat selama sahur dan juga setelah berbuka puasa. Tujuannya, agar tubuh terehidrasi cukup dan tidak cepat drop. Baca juga Menu Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama.

cumicumi

No comments:

Post a Comment